Rencana Bisnis
Florencia Home SPA
(Perawatan Kecantikan Tubuh)





(Surabaya, 13 Mei 2018)



disusun oleh:
Etika Murti Purbasari
Pemilik Usaha





Florencia Home SPA
Jl. Barata Jaya no.101, Surabaya
No. Telp : 031-5942588
Ig : @florencia.homespa

DAFTAR HALAMAN




1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

- FLORENCIA Home SPA
- Jasa Perawatan Tubuh / Kecantikan
- Rp. 300.000.000,
- Rp. 175.000.000
- Membuka cabang di beberapa lokasi
- Mengembangkan beberapa treatment yang belum ada di bidang SPA
- Target 5 juta per bulan x 12 bulan Rp 60 juta
- Kebutuhan 100 juta
- dekor ,sewa,utiliti
- 1 tahun modal kembali
- tempat usaha

2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan
Florencia Home SPA

2.         Bidang Usaha
Jasa

3.         Jenis Produk / Jasa
Jasa kecantikan

4.         Alamat Perusahaan
Jalan Barata Jaya no. 101, Surabaya

5.         Nomor Telepon/Fax
031-5942588


6.         Alamat E-mail
Florencia.homespa@yahoo.com


7.         Bank Perusahaan
Bank Central Asia

8.         Bentuk Badan Hukum
PT (Perseroan Terbatas)

9.         Nomor Akte Pendirian


10.     N P W P


11.     Mulai Berdiri
05 Nopember 2013

2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
Etika Murti Purbasari

2.         Jabatan
Pemilik

3.         Tempat dan Tanggal Lahir
Surabaya, 05 Nopember 1992

4.         Alamat Rumah
Jalan Barata Jaya no. 101, Surabaya

5.         Nomor Telepon
031-5942588

6.         Nomor Fax


7.         Alamat E-mail
Florencia.homespa@yahoo.com

8.         Pendidikan Terakhir
S1 Manajemen

9.         Pengalaman Kerja
Teller Bank                 

2.3   STRUKTUR ORGANISASI


2.4   KONSULTAN PENDAMPING (jika ada)


2.5   SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM



3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN



KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         Harga terjangkau
2.         Menggunakan produk alami dari bali
3.          

3.2   GAMBARAN PASAR

DATA NILAI PENJUALAN (3 – 5 TAHUN TERAKHIR)

Kita akan adakan promosi,diskon,pengembangan target market (mengalami penurunan).
Kita akan menambah sdm,utility dr usaha ini (mengalami kenaikan).

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
.............
Mengadakan promo keliling door to door, seperti hadir pada arisan rutin pemukiman warga Hasilnya cukup memuaskan, sekitar 15% dari ibu-ibu tersebut memutuskan untuk mengunjungi tempat spa kami di hari libur untuk rileksasi........................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PAMERAN
.............
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    BROSUR
.............
Dengan cara menyebar brosur di sekitaran kampus dan area perkantoran. Dan hasil yang memuaskan terdapat dari pegawai perkantoran yang menurut mereka harga di tempat kami cukup terjangkau dan pelayanan baik.................................................................................................................................................

    ADVERTISING / IKLAN
.............
Untuk iklan, Florencia home SPA hanya menggunakan media social. Kita menggunakan Instgram dan Facebook. Dan Hasilnya cukup membantu dengan adanya potongan harga setiap mengikuti laman dan like Facebook kita.
...............................................................................................................................................

3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA

Karakteristik konsumen : wanita usia (17-45 tahun)
Banyak dari mereka berasal dari kalangan pekerja dan ibu-ibu rumah tangga.



3.4   TREND PERKEMBANGAN PASAR

PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN
Untuk kenaikan pertahun tidak cukup banyak, hanya sekitar 20% per tahunnya. Atau sekitar 50 orang member baru.

3.5   PROYEKSI PENJUALAN




3.6   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
........................
Ingin mengembangkan rumah spa dengan salon tradisional khas Bali.Dengan tujuan menyediakan pelayanan lengkap untuk konsumen.......................................................................................................
...............................................................................................................................................

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
........................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    KEGIATAN PROMOSI
........................
Kegiatan promosi masi dengan menggunakan social media dan penyebaran brosur. Selain itu adanya voucher potongan harga untuk member/pelanggan baru diharapkan mampu menambah jumlah kunjungan tempat spa kami.......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
........................
Untuk penetapan harga kita ringkas menjadi paket yang lebih terjangkau. Sehingga para konsumen mampu menikmati seluruh perawatan di spa kami dengan harga terjangkau.....................................
...............................................................................................................................................

3.7   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Reflexy 99
1.         Perawatan lebih lengkap
2.         Untuk semua gender
1.         Harga lebih mahal
2.          
Bali House SPA
1.         Perawatan lebih murah
2.         Varian lebih lengkap
1.         Terapis sedikit
2.         Pelayanan lebih lama

3.8   SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
    Lokal................... . %
    Regional.............. . %
    Nasional.............. . %
    Ekspor................. . %

2.     Jalur Distribusi
    Individu
    Industri
    Pemerintah
    Lain – Lain
    Distributor
    Retailer
    Eksportir


3.     Alamat Showroom / Counter Penjualan (Milik Perusahaan)
4.          
5.          
6.          

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.     Wilayah Pemasaran
    Lokal................... . %
    Regional.............. . %
    Nasional.............. . %
    Ekspor................. . %

2.     Jalur Distribusi
    Individu
    Industri
    Pemerintah
    Lain – Lain
    Distributor
    Retailer
    Eksportir


3.     Rencana Lokasi Showroom / Counter Penjualan
1.          
2.          
3.          


4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES JASA

PROSES JASA
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN
Proses spa (kecuali steam dan ratus)
Bahan-bahan spa
Tradisional
-
Proses refleksi
Minyak terapi
Tradisional
-
Proses salon
Bahan-bahan salon
Mesin
Hairdryer, steam, pelurusan.


KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

1.          
2.          
3.          

4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Krim massage
@varian : 3 kotak
Supplier salon di Pengampon
Essential oil untuk sauna
2 liter
Supplier salon di Pengampon
Sabun susu
5 liter
Supplier salon di Pengampon
Shampo
5 liter
Supplier salon di Pengampon
Lotion
2,5 liter
Supplier salon di Pengampon
Masker
@varian : 5 kotak
Supplier salon di Pengampon

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER










4.3   KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN


4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.          
2.          
3.          

RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)

*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi


5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

    

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         Dua orang pegawai telah mempunyai pengalaman di bidang perawatan kecantikan lebih dari 5 tahun.
2.         Memiliki sertifikat dari lembaga kenamaan tentang kecantikan.
3.          

5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
Bagian administrasi
S1 Manajemen, Akuntansi
3 tahun










5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
Bagian Administrasi
1 orang
-
1 orang










6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
......
...............................................................................................................................................
-           Menyebar brosur di sekitar area perkantoran maupun tempat berbelanja.
-           Memberikan potongan harga maupun voucher untuk para member baru/member loyal.
-           Door to door arisan ibu-ibu untuk menarik pelanggan baru.

    STRATEGI PRODUKSI
........
...............................................................................................................................................
-           Fokus utama pada jasa pelayanan spa. Karena salon hanya pelengkap.
-           Menambah treatment-treatmen yang ada disesuaikan dengan pangsa pasar.
-           Menambah tenaga terapis.

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
.......
...............................................................................................................................................
-           Untuk ke depannya akan diadakan pendidikan untuk beberapa terapis untuk mendapatkan sertifikat terapis handal.
-            
-            

    STRATEGI KEUANGAN
.......
...............................................................................................................................................
-           Untuk mengembangkan usaha, dibutuhkan pinjaman dari bank.
-            
-            

6.2   TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Mendesain ulang ruangan terapi.



v








Menambah sarana salon untuk melengkapi kebutuhan konsumen.









v


Menambah perawatan nail art.











v





























7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   LAPORAN KEUANGAN







7.2   RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI

1)  sesuai dengan Bab 4.4 Rencana Pengembangan Produksi lihat tabel Rencana Penambahan Fasilitas dan Mesin Produksi
2)  sesuai dengan Bab 7.3 Tahapan Pengembangan Teknologi Informasi lihat tabel Rencana Penambahan Peralatan dan Sistem Informasi

 






                                     



KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.

7.4   RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)

*)  sesuai dengan PENERIMAAN PINJAMAN pada tabel RENCANA ARUS KAS untuk tahun pertama Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)

*)  sesuai dengan Bab 8.2 Rencana Kebutuhan Investasi
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)

*)  total nilai kebutuhan pinjaman / modal dikurangi total nilai kebutuhan modal investasi

7.5   RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)

*)  sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)

*)  sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

7.6   AGUNAN YANG DIMILIKI

1.         Jenis Agunan


2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain


3.         Aspek Legalitas


4.         Nilai Agunan



8.   ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1   DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

-            
-            
-            

8.2   DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

-           Tidak ada dampak signifikan yang dihasilkan dari usaha spa ini. Hanya ada sedikit limbah sabun, tetapi tidak akan mencemari lingkungan
-            
-            

8.3   ANALISIS RESIKO USAHA

-           Florencia Salon & Spa hanya ramai pada akhir pekan saja. Hal ini berpengaruh pada pendapatan perusahaan.
-            
-            

8.4   ANTISIPASI RESIKO USAHA

-           Dengan cara mengadakan kerjasama dengan café maupun hotel sebagai penyedia jasa perawatan tubuh.
-            
-            


LAMPIRAN

A.    ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

STRENGTH (KEKUATAN): sebutkan asset atau hal yang paling berharga dalam organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Desain dan variasi produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan & label

- Untuk harga kita masi terjangkau, apalagi dengan adanya paket perawatan.
- Jasa perawatan tubuh yang kita tawarkan masih tradisonal dengan terapis handal yang bersertifikat.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
-    Kita memberikan potongan harga dan voucher bagi pelanggan baru/royal.
3.        DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
    Kecepatan distribusi
    Ketepatan waktu pengiriman
    Ketersediaan barang

4.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
    Pelayanan purna jual
Para terapis Florencia Salon & Spa pada tiga bulan pertama mendapat materi tentang pelayanan dari tutor yang terbaik di bidang kecantika.

5.        ORGANISASI DAN SDM
    Wewenang dan delegasi
    Rekrutmen dan penempatan
    Tingkat keahlian khusus
    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja

Diutamakan pernah bekerja di dunia salon.
Florencia memilih criteria min. 1 tahun berpengalaman di dunia salon/kecantikan.
Untuk saat ini hanya 4 orang terapis.
6.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi

Dilakukan dengan tenaga kerja lulusan accounting (minimal berpengalaman kerja 2 tahun) dan dibawah pengawasan langsung pemilik/owner.
7.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi

8.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Memakai peralatan salan seperti hairdryer, catok, steam terbaru dengan teknologi tinggi.

9.        PEMANFAATAN TI
    Pemahaman manfaat TI
    Ketersediaan perangkat keras
    Ketersediaan perangkat lunak
    Kemampuan operator

10.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:




WEAKNESS (KELEMAHAN): sebutkan permasalahan utama yang timbul di dalam organisasi / perusahaan anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PRODUK
    Harga jual
    Mutu produk
    Desain dan variasi produk
    Perlengkapan (feature) tambahan
    Pengemasan & label

-    perlengkapan masih kurang memadai. Karena masi merintis.
2.        FUNGSI PEMASARAN
    Promosi dan iklan
    Tenaga sales
-                                                                            Pemasaran kita masi terbatas pada social media dan sebaran brosur saja.
3.        DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
    Kecepatan distribusi
    Ketepatan waktu pengiriman
    Ketersediaan barang

4.        PELAYANAN PELANGGAN
    Keramahan pelayanan
    Pelayanan purna jual
Apabila terlalu banyak pelanggan terkadang tidak semua konsumen dapat dilayani dengan baik.
5.        ORGANISASI DAN SDM
    Wewenang dan delegasi
    Rekrutmen dan penempatan
    Tingkat keahlian khusus
    Tingkat pendidikan
    Pengalaman kerja
    Jumlah tenaga kerja

6.        SISTEM MANAJEMEN
    Sistem pembukuan (akuntansi)
    Sistem administrasi

Masih menggunakan pembukuan lama (berupa list di dalam Mic. Excel)
7.        PRODUKSI
    Biaya produksi
    Perencanaan produksi
    Kapasitas produksi
    Kemampuan pemenuhan order
    Fasilitas produksi
    Penanganan limbah produksi

8.        TEKNOLOGI
    Penggunaan teknologi modern
Belum dapat membeli peralatan salon dengan kecanggihan jaman sekarang.
9.        PEMANFAATAN TI
    Pemahaman manfaat TI
    Ketersediaan perangkat keras
    Ketersediaan perangkat lunak
    Kemampuan operator

Untuk sementara pemanfaatan IT hanya pada saat promosi saja. Seperti melalui social media (Facebook dan Instagram)
10.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:





OPPORTUNITIES (PELUANG): sebutkan kesempatan atau peluang yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
    Persaingan untuk produk substitusi
    Produk import

Kita  mampu bersaing dengan tempat spa lain karena tempat kami mempunyai ciri sentuhan Bali yang sangat kental.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Kemudahan mendapatkan pinjaman
    Tingkat suku bunga kredit

3.        KEBIJAKAN PEMERINTAH
    Perijinan dan birokrasi
    Peraturan pemerintah
    Perpajakan
    Kemudahan pengurusan eksport
    Kebijakan fiskal

4.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar

5.        PROTEKSI PASAR EKSPORT
    Proteksi pasar eksport

6.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi
    Perkembangan TI

Untuk ke depannya kita akan memanfatkan media selain Facebook dan Instagram untuk memperluas jangkauan seperti Fave.
7.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
    Serikat pekerja

Kita dapat mengambil tenaga kerja tambahan dari beberapa sekolah kecantikan yang ada di Surabaya.
8.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku

9.        MASYARAKAT SEKITAR
    Tuntutan lembaga konsumen
    Sikap masyarakat terhadap produk

Masyarakat cukup berminat dengan adanya salon spa khususnya untuk wanita.
10.    KONDISI PEREKONOMIAN
    Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)
    Tingkat suku bunga deposito

11.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:




THREATS (HAMBATAN): sebutkan ancaman atau hambatan yang datangnya dari luar organisasi yang mungkin dapat diraih oleh organisasi anda saat ini, berikan komentar seperlunya.
1.        PERSAINGAN
    Persaingan untuk usaha sejenis
    Persaingan untuk produk substitusi
    Produk import
Banyaknya home spa lain yang menyediakan peralatan dan variasi lebih lengkap.
2.        PEMODALAN
    Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan)
    Kemudahan mendapatkan pinjaman
    Tingkat suku bunga kredit

3.        KEBIJAKAN PEMERINTAH
    Perijinan dan birokrasi
    Peraturan pemerintah
    Perpajakan
    Kemudahan pengurusan eksport
    Kebijakan fiskal

4.        PELUANG PASAR
    Akses dan informasi pasar
    Permintaan pasar
    Perilaku pasar
Untuk peluang pasar, jika ingin memperluas pasar dibutuhkan tenaga kerja tambahan. Karena saat ini hanya sebatas menyebar brosur di area perkantoran.
5.        PROTEKSI PASAR EKSPORT
    Proteksi pasar eksport

6.        KEMAJUAN TEKNOLOGI
    Perkembangan teknologi produksi
    Perkembangan TI
Kurangnya kemampuan SDM dalam menjalankan social media menyulitkan pemilik untuk menjalankan bisnis di dunia maya.
7.        TENAGA KERJA
    Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
    Serikat pekerja
Kurangnya para terapis akan cara berkomunikasi yang baik kepada pelanggan.
8.        BAHAN BAKU
    Mutu bahan baku
    Fluktuasi harga bahan baku
    Ketersediaan bahan baku
Harga relative, tidak ada kenaikan signifikan dari tahun ke tahun.
9.        MASYARAKAT SEKITAR
    Tuntutan lembaga konsumen
    Sikap masyarakat terhadap produk
Untuk saat ini belum ada hambatan dari masyarakat sekitar.
10.    KONDISI PEREKONOMIAN
    Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan)
    Tingkat suku bunga deposito

11.    LAIN-LAIN, SEBUTKAN:





B.    KELENGKAPAN PERIJINAN


 
 


C.     PETA LOKASI


 
 


D.     FOTO PRODUK


 
 


E.     DOKUMENTASI PRODUKSI


 
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini